Powered by Blogger.

Sunday, February 10, 2013

Tanda-tanda Kolesterol Tinggi


Kadang kolesterol tinggi tidak memiliki gejala bagi sebagian orang. Maka dari itu, pemeriksaan darah yang dilakukan di laboratorium sebaiknya dilakukan rutin 2-5 tahun sekali, agar kita dapat mengetahui kadar kolesterol kita. 80 persen kolesterol sebenarnya sudah dihasilkan oleh hati, dan 20 persen sisanya didapat dari makanan. Tapi terkadang kita tidak memperhatikan asupan makanan kita. Kita melahap semua makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, yang mengakibatkan kolesterol tinggi. Kolesterol yang merupakan timbunan lemak dapat mempersempit pembuluh darah yang menyebabkan darah kekurangan oksigen. Setelah kita tahu penyebab kolesterol tinggi, sebaiknya kita juga mengetahui bahwa ada beberapa tanda-tanda  kolesterol tinggi yang menjadi acuan bagi kita untuk lebih waspada lagi terhadap penyakit yang nantinya muncul yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Tanda-tanda kolesterol tinggi akan saya bahas dibawah ini.

  1. Tanda-tanda umum yang pertama ialah rasa sakit kepala atau pegal yang disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen dalam darah akibat penyempitan pembuluh darah. Sakit kepala dan rasa pegal biasanya timbul disekitar tengkuk bagian belakang. Hal ini disebabkan oleh penimbunan lemak yang membentuk plak pada dinding pembuluh darah sehinggal arteri menjadi sempit dan aliran darah yang membawa oksigen ke kepala dan otak berkurang.
  2. Tanda-tanda kolesterol tinggi juga dapat diwaspadai apabila kita mudah mengantuk, kesemutan dan mudah lelah karena lemak yang membentuk plak pada dinding pembuluh darah membuat darah menjadi kental. Tanda-tanda kolesterol tinggi ini dapat menyebabkan penyakit seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan lain sebagainya yang datangnya tiba-tiba.  
  3. Kaki yang membengkak karena pembuluh darah menyempit menyebabkan asupan oksigen dalam darah berkurang, yang menyebabkan sedikitnya aliran darah ke kaki yang letaknya paling jauh dari jantung. 
Kedua tanda-tanda kolesterol tinggi diatas merupakan tanda-tanda umum, karena tidak bisa dijadikan acuan pasti bahwa seseorang mengalami kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena pada penyakit lain, tanda-tanda tersebut juga bisa menjadi gejala awal. Maka dari itu, sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Pada orang yang karena faktor genetik memiliki kolesterol tinggi, tanda-tandanya ialah:
  1. Terdapat timbunan lemak pada permukaan kulit yang berupa tonjolan berwarna kuning.
  2. Pada kelopak mata timbul timbunan lemak yang mengandung trigliserida atau molekul asam lemak yang tinggi.
  3. Pada usia muda, sudah terdapat lingkaran berwarna hitam atau kelabu pada lapisan bawah mata.
Tanda-tanda kolesterol tinggi memang terkadang tidak dapat dilihat secara kasat mata, yang menyebabkan banyak orang mengabaikan penyakit ini. Padahal kolesterol sebaiknya dipantau agar kita dapat mengatur makanan yang baik dan sehat bagi tubuh kita. Cara paling baik memantau kolesterol pastinya adalah dengan pemeriksaan darah di laboratorium seperti yang sudah saya tuliskan diatas. Kadar kolesterol normalnya ialah 160 - 200 mg. Apabila kadar kolesterol sudah lebih dari 240 mg, sebaiknya kita mulai membatasi asupan makanan dan minuman yang tidak sehat, karena kadar kolesterol sudah terlalu tinggi dan berbahaya yang dapat menyebabkan stroke secara mendadak. Kenalilah tanda-tanda kolesterol tinggi agar kita dapat mencegah terjadinya penyakit yang datangnya tiba-tiba sebagai penyebab kematian di kemudian hari. Karena penyakit akibat kolesterol tinggi sering disebut silent killer. 

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...