Powered by Blogger.

Tuesday, January 29, 2013

Manfaat Jeruk Lemon

Hari minggu kemarin, saya ke salah satu pasar swalayan di kota saya untuk membeli beberapa keperluan rumah tangga. Salah satunya ialah membeli jeruk lemon yang saat itu sedang didiskon. Ternyata tidak banyak orang yang mendekati kotak tempat jeruk lemon tersebut dipajang. Saat saya sedang memilih jeruk lemon yang baik, saya didekati oleh seseorang yang menanyakan akan dibuat apakah jeruk lemon tersebut. Dan orang tersebut menanyakan khasiat dan manfaat jeruk lemon. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa jeruk lemon berbeda dengan jeruk nipis. Di Indonesia, orang lebih mengenal jeruk nipis dibandingkan dengan jeruk lemon. Hal ini dikarenakan jeruk nipis lebih sering digunakan pada kehidupan sehari-hari. Jeruk nipis berbentuk bulat agak pepat ditengah, dengan kulit berwarna hijau. 

Buah dengan nama ilmiah Citrus aurantifolia ini memiliki bulir berwarna putih pucat dengan rasa asam sedikit pahit. Biasanya jeruk nipis digunakan sebagai penghilang amis pada ikan mentah, pemberi rasa segar pada soto ayam, dan lainnya. Sementara itu, jeruk lemon memiliki bentuk yang lebih besar, lonjong, dan ada muncungnya. Warnanya terkadang hijau kekuningan, tetap yang paling baik adalah yang berwarna kuning cerah. Rasanya lebih segar dan wanginya lebih tajam. Citrus x limon adalah nama alamiahnya. Biasanya dipakai sebagai bahan dasar aneka makanan misalnya ayam bumbu lemon, atau lemon pie, dan air lemon madu yang rasanya enak. Harga jeruk lemon dipasaran biasanya lebih mahal dibandingkan jeruk nipis.

Nah, saat ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat dari jeruk lemon, yang belum banyak orang ketahui. Jeruk lemon walaupun rasanya asam, ternyata apabila dikonsumsi, bersifat basa yang tidak membahayakan lambung. Tidak hanya untuk dikonsumsi, jeruk lemon juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Sejumlah masalah rumah tangga yang sederhana, bisa diselesaikan dengan menggunakan jeruk lemon. Beberapa manfaat, baik lemon untuk dikonsumsi ataupun untuk juga keperluan rumah tangga, akan kita bahas dibawah ini:
  1. Membentuk tubuh ideal? Memang susah mencapai berat badan ideal dengan begitu banyak godaan yang membuat kita lapar. Jeruk lemon memiliki serat yang disebut serat pektin yang bisa mencegah rasa lapar dan menurunkan berat badan. Asam nitratnya walaupun tidak dapat membakar lemak, tapi bisa membantu metabolisme tubuh untuk membakar lemak.
  2. Air perasan jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan kita. Rasanya yang asam memiliki kandungan vitamin C yang tinggi antioksidan dapat menyembuhkan gangguan pencernaan, mual, kembung, atau masalah lambung. Apabila rutin di konsumsi, antioksidannya dapat membantu membuang sampah yang tidak dibutuhkan di usus kita, meningkatkan pergerakan usus, dapat mencegah pembentukan tumor dan mencegah risiko terkena penyakit kanker usus besar dan sembelit. 
  3. Manfaat jeruk lemon lainnya ialah untuk membantu tubuh kita membuang racun dan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh melalui urine. Air perasan jeruk lemon juga dapat mencegah timbulnya batu ginjal dengan cara menghilangkan kalsium berlebihan yang terdapat dalam darah dan tubuh.   
  4. Bagi para wanita, air jeruk lemon ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga kecantikan tubuh. Vitamin C dan antioksidan yang ada pada jeruk lemon dapat menangkal radikal bebas, meremajakan kulit sehingga lebih sehat dan cerah, dan mengurangi kerutan dan kusam pada kulit.
  5. Air perasan jeruk lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu ternyata juga mampu mengatasi sakit tenggorokan. Vitamin Cnya dapat membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak dan madu dapat membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan sakit tenggorokan.
  6. Air jeruk lemon dapat membuat rambut lebih berkilau, sehat dan bercahaya. Air jeruk lemon juga dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.
  7. Untuk masalah rumah tangga, air jeruk lemon dapat membersihkan bekas teh ataupun kopi yang melekat pada gelas, membantu membersihkan kotoran sisa makanan yang melekat pada dinding mikrowave, menghilangkan noda minyak, dan membantu menghilangkan kerak pada bahan tembaga atau krom.
  8. Untuk kulit jeruk lemon, dapat digunakan untuk menghilangkan bau alias sebagai pewangi ruangan, mengusir serangga kecil, sebagai penambah rasa pada makanan, bahkan kulit jeruk lemon dapat dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk menghias makanan atau minuman.

Sejumlah masalah baik kesehatan dan urusan rumah tangga, ternyata dapat diselesaikan dengan bantuan jeruk lemon. Konsumsilah air jeruk lemon secara rutin untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Dan memanfaatkan jeruk lemon dalam kegiatan rumah tangga dapat mengurangi biaya pengeluaran rumah tangga.

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...