Powered by Blogger.

Friday, January 25, 2013

Manfaat Air Putih

Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa air putih baik bagi tubuh. Air merupakan salah satu komponen penting karena 80% kandungan dari tubuh kita adalah air. Pada otak dan darah, kandungan terbesarnya ialah air. Maka dari itu, sudah seharusnya kita menyuplai tubuh kita dengan air. Tentunya bukan air biasa, tetapi air putih yang mengandung zat-zat yang kita butuhkan misalnya: mineral, zinc, dan zat-zat lain yang penting bagi tubuh. Banyak orang yang sering mengabaikan air putih dan cenderung memuaskan dahaga dengan kopi, teh ataupun cairan lain, padahal air putih sesungguhnya berguna bagi tubuh kita dan dapat melancarkan pencernaan, peredaran darah dan lainnya. Untuk itu, mari kita lihat satu persatu manfaat air putih bagi tubuh kita.

1. Air putih baik bagi tubuh karena air putih dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Apabila kita tidak makan tetapi kita minum air putih, tubuh kita masih bisa bertahan lebih lama dibandingkan jika kita tidak minum air putih. Sehabis berolahraga atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, cukup dengan meminum air putih tubuh kita dapat kembali bugar.

2. Salah satu fungsi utama air putih adalah untuk menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh kita. Racun tersebut mengalir dalam tubuh kita melalui darah dan dikeluarkan melalui urine. Jadi, bisa dibayangkan apabila kita kurang mengkonsumsi air putih. Kerja ginjal akan semakin berat. Air putih sebagai media penetralisir racun, membantu ginjal agar lebih ringan dalam memproses racun. Kekurangan air putih bisa menyebabkan munculnya batu ginjal ataupun gagal ginjal.

3. Kekurangan air dalam tubuh bisa menyebabkan munculnya kerutan pada kulit karena apabila tubuh kita kekurangan air, tubuh akan tetap menyerap air yang salah satunya ada pada lapisan kulit. Dengan meminum air putih 8-10 gelas per hari, kulit kita akan terlihat segar, sehat dan tidak kusam.

4. Bagi mereka yang ingin memiliki berat badan ideal, disarankan meminum air putih sebagai salah satu terapi diet karena salah satu sifat air putih ialah menahan nafsu makan yang belebihan dan membuat perut terasa kenyang yang membuat kita terhindar dari masalah obesitas.

5. Air putih juga dapat membantu mencegah osteoporosis datang lebih cepat sebab air putih membantu menyehatkan tulang dengan meregenerasi sel-sel tulang sehingga tulang kita tidak mudah keropos dan menjadi lebih kuat.

6. Air putih dan pencernaan tidak dapat dipisahkan. Dalam proses pencernaan, air putih membantu agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar. Air putih menyerap zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan yang kita makan, dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan melalui urine dan keringat. Air putih juga terbukti membantu menghindarkan kita dari sembelit, karena air putih membuat usus kita lebih aktif bergerak.

7. Air putih juga menjaga kesehatan kuku. Apabila kuku anda gampang patah dan terlihat kusam, bisa jadi salah satunya adalah karena kekurangan air putih. Timbulnya kutikula yang terletak dipinggiran kuku juga merupakan indikasi kekurangan air putih. Kukupun ternyata bisa mengalami dehidrasi.

8. Karena otak kita sebagian besar terdiri atas air, tentu air putih sangat dibutuhkan oleh otak. Menurut penelitian, sel-sel otak bekerja secara optimal dengan mengeluarkan energi listrik dimana konduktor terbaik adalah air putih dengan susunan kimia H2O. Otak membutuhkan oksigen agar dapat bekerja optimal. Air putih juga dapat mencegah migrain atau sakit kepala sebelah. Meminum 7 gelas air putih selama sehari dapat meredakan sakit kepala. Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi.

Banyak orang yang meremehkan peranan air putih dan menggantinya dengan cairan lainnya. Padahal air putih ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Mengkonsumsi air putih secara tepat dapat menaikkan kualitas hidup kita. Jangan kekurangan, dan juga jangan berlebihan. Sebaiknya air putih cukup dikonsumsi sebanyak 2-3 liter per hari. Semoga pengetahuan tentang manfaat air putih ini dapat membantu kita lebih bijak dalam menjaga kesehatan kita

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...